MAKALAH BANASSURANCE


Nama : Nur Azizah Abrida Basuni
Nim  : 1512000051

Bancassurance

Bancassurance merupakan bentuk kerja sama antara bank dan perusahaan asuransi di mana perusahaan asuransi menggunakan saluran penjualan bank untuk menjual produk-produk asuransinya. Produk asuransi yang ditawarkan adalah produk perlindungan sekaligus investasi untuk memenuhi kebutuhan finansial jangka panjang nasabah.
Singkatnya bancassurance adalah suatu bentuk kerjasama antara bank dengan perusahaan asuransi dalam memasarkan produk asuransi yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut. Jadi, sebuah metode pemasaran suatu produk asuransi.
Bancassurance sendiri juga merupakan produk simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan antara perusahaan asuransi, bank, dan nasabah sendiri.


Kerja sama antar bank dan perusahaan asuransi dalam bancassurance bervariasi. Namun, secara umum ada empat kelompok, yakni :
1.        Perjanjian pemasaran (distribution agreement) yaitu kerja sama yang paling umum dilakukan termasuk di Indonesia.
Jadi, dalam perjanjian ini pihak bank hanyaberfungsi sebagai outlet bagi produk asuransi. Tidak ada sharing data nasabah, karena masing-masing tidak saling terikat dan tidak terdapat exclusivity agreement.
2.        Perjanjian aliansi strategis (strategic alliance agreement)
Adalah perjanjian antara bank dengan perusahaan asuransi yang lebih ekslusif. Perusahaan asuransi dapat mendayagunakan data based nasabah yang ada di bank apabila telah disepakati bersama. Bank dan perusahaan asuransi dapat bekerjasama dalam pengembangan produk dan channel management.
3.        Join Venture
dimana masing-masing pihak mempunyai sebagian kepemilikan saham. Saham-saham ini bisa dimiliki berdua atau lebih. Kerjasama ini mempunyai visi jangka panjang yang akan menguntungkan keduabelah pihak. Dalam model ini, keduanya punya akses yang luas ke dalam data nasabah atau data bank.
4.        Kelompok jasa keuangan (financial services group)
Adalah bank dan perusahaan asuransi melebur menjadi satu dan menawarkan layanan keuangan secara lengkap kepada nasabah. Integrasi yang harus dilakukan termasuk dalam sistem operasi dan produk.
Di Indonesia mungkin tidak boleh. Bank Indonesia tidak akan mengizinkan suatu bank secara langsung menjual asuransi dan mengembangkan produk asuransi. karena, secara peraturan dan risk management belum terpisah. 

Keuntungan bagi nasabah :
a.        Lebih gampang mencari perusahaan asuransi
b.        Mendapat dua pelayanan sekaligus di satu tempat, jadi lebih nyaman
c.         Sejumlah bank memberikan kemudahan kredit, seperti kartu kredit dan kredit pemilikan rumah, bagi nasabahnya yang ikut bancassurance

Keuntungan bagi Bank :
a.        Memperkuat Produk dan Meningkatkan Pangsa Pasar.
b.        Meningkatkan Pendapatan sebagai alternatif lain untuk menghimpun dana.
c.         Meningkatkan Efisiensi.
d.        Meningkatkan Loyalitas Nasabah, dengan cross selling (satu nasabah yang memiliki banyak produk). because, semakin banyak produk yang dimiliki oleh satu nasabah di bank tersebut maka, nasabah akan semakin loyal.
e.        Meningkatkan Brand Image.

Keuntungan bagi perusahaan asuransi :
a.        Peningkatan Penjualan dan Pangsa Pasar merupakan suatu potensi kesempatan penjualan yang besar
b.        Meningkatkan Kualitas produk.
c.         Memanfaatkan Database Nasabah.

Penjabaran keuntungan :

l  Pihak bank memperoleh keuntungan dengan mendapatkan fee based income. Rekening nasabah akan didebet otomatis oleh banknya sejumlah premi asuransi secara tetap, misalnya setiap bulan, tiga bulan, atau enam bulan sekali untuk keuntungan perusahaan asuransi yang sudah membuka rekening di bank yang sama dengan nasabah tersebut. Pendebetan semacam itu biasanya memerlukan biaya. Biaya inilah yang merupakan pendapatan dari fee bagi bank terkait. Pihak bank jg memperoleh keuntungan dengan pengendapan dana yang dapat “diputar” kembali di pasar uang (money market).
l  Perusahaan asuransi juga memperoleh keuntungan dengan premi asuransi yang langsung masuk rekening atas nama perusahaan di bank yang bersangkutan sehingga akan mempercepat cash inflow bagi perusahaan. Biaya penjualan atau pemasaran produk asuransi akan lebih mudah ditekan karena penjualan produk bukan hanya melalui perusahaan asuransi tetapi melalui bank. Perusahaan asuransi dapat memanfaatkan kantor cabang bank sebagai saluran distribusi dalam menjual dan memasarkan produk-produknya.
l  Bagi nasabah bank. Produk bancassurance dapat memberikan perlindungan pelunasan kredit. Perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan bank tersebut akan memberikan perlindungan pelunasan kredit apabila terjadi peristiwa meninggal dunia, dan atau ketidakmampuan tetap, baik karena penyakit atau kecelakaan. Produk lain yang sering ditawarkan bank adalah tabungan yang bersifat periodik dan jangka panjang namun juga menawarkan aspek proteksi terhadap nasabah. Misalnya nasabah meninggal dunia maka ahli waris nasabah tersebut dapat menerima sekian ratus kali dari setoran bulanan yang dilakukan. Ada pula yang menambahkan, apabila nasabah terkena penyakit kritis maka akan menerima sejumlah tertentu dana yang cukup besar. Beberapa bank juga menawarkan dana tunai yang bisa dicairkan setiap saat dari tabungan tersebut. Tentunya pencairan tersebut hanya beberapa persen dari jumlah tabungan yang telah dilakukan.

Perbedaan dengan Asuransi Biasa
a.        Nasabah bancassurance akan memperoleh manfaat lain. Bukan hanya dari perusahaan asuransi, tapi juga dari bank. Misalnya untuk membayar premi. Nasabah bisa melakukan pendebetan otomatis dari tabungannya di bank. Jadi, gak perlu takut telat bayar premi, selama duit di tabungan cukup.
b.        Saat klaim asuransi, pihak bank bisa membantu pengurusan. Biasanya pihak perusahaan asuransi akan menempatkan petugasnya di bank untuk mengurusi klaim ini.

Salah satu produk bancassurance:

BNI LIFE
Sekilas tentang BNI Life
PT BNI Life Insurance (BNI Life) merupakan perusahaan asuransi yang menyediakan berbagai produk asuransi seperti Asuransi Kehidupan (Jiwa), Kesehatan, Pendidikan, Investasi, Pensiun dan Syariah. Dalam menyelenggarakan kegiatan usahanya, BNI Life telah memperoleh izin usaha di bidang Asuransi Jiwa Berdasarkan surat dari Menteri Keuangan Nomor 305/KMK.017/1997 tanggal 7 Juli 1997. Pendirian BNI Life, sejalan dengan kebutu- han perusahaan induknya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, untuk menyediakan layanan dan jasa keuangan terpadu bagi semua nasabahnya (one-stop financial services).
Saat ini BNI Life telah hadir melalui 4 saluran distribusi yaitu Agency, Bancassurance, Employee Benefits dan Syariah. Agency dipasarkan melalui agen-agen yang memasarkan produk individu, sedangkan Bancassurance dipasarkan melalui jaringan BNI di seluruh Indonesia. Employee Benefits dikhususkan bagi produk-produk asuransi kumpulan ke perusahaan-perusahaan, sedangkan syariah memasarkan produk asuransi baik individu, ataupun kumpulan dengan prinsip syariah.


Produk- produk BNI Life
1.        Jiwa
a.        Individu
1)        Cash pro
BLife CashPro merupakan sarana untuk memenuhi ketersediaan dana di masa mendatang dengan manfaat perlindungan asuransi yang menyeluruh. Produk ini dilengkapi dengan manfaat tunai (Tahapan) yang diberikan secara periodik selama masa asuransi ditambah dengan beberapa manfaat yang diberikan jika Tertanggung meninggal dunia.
Keunggulan
a.        Premi ringan. Minimum Premi Dasar Rp 300 ribu/transaksi.
b.        Alternatif pembayaran premi secara triwulanan, semesteran atau tahunan.
c.         Pilihan masa pembayaran premi fleksibel sesuai keinginan Anda.
2)        Double protection
BLife Double Protection merupakan pilihan tepat bagi Anda sebagai bentuk perlindungan nilai ekonomi terhadap risiko meninggal dunia sekaligus tabungan sesuai kebutuhan Anda dengan pembayaran premi yang fleksibel.
Keunggulan
a.        Peserta dapat memilih metode pembayaran premi secara tahunan, semesteran, triwulanan, bulanan maupun sekaligus.
b.        Premi terjangkau. Premi berkala mulai dari Rp 300.000 per transaksi. Premi sekaligus mulai dari Rp 2.000.000,-
c.         Memberikan Uang Pertanggungan minimal Rp 10.000.000,-
d.     Untuk sistem pembayaran premi berkala, produk ini dapat ditambahkan asuransi tambahan (rider) yaitu:
BLife Rider Personal Accident
BLife Rider Term
BLife Rider Health
BLife Rider Critical Illness
BLife Rider Waiver of Premium Disability
3)        Fixed protection
Perlindungan jiwa yang optimal dibutuhkan untuk mencapai tujuan hidup Anda yang begitu berharga. Fixed Protection hadir untuk menjawab kebutuhan Anda dengan premi yang cukup terjangkau.
   Fixed Protection memberikan manfaat perlindungan jiwa apabila Tertanggung meninggal dunia baik karena sakit maupun kecelakaan. Pilihlah Fixed Protection untuk perlindungan sempurna hingga usia senja.
Keunggulan
a.        Premi terjangkau mulai dari Rp 200.000/tahun
b.        Persyaratan usia masuk yang cukup leluasa. Usia minimal 17 tahun hingga usia 64 tahun.
c.         Masa asuransi bisa diperpanjang hingga usia 65 tahun
d.        Uang Pertanggungan yang Tinggi, minimal Rp 25.000.000,-
e.     Pembayaran premi sekaligus
4)        Protect plus
BLife Protect Plus yang memberikan perlindungan maksimal sekaligus dana tunai untuk masa depan Anda. Produk Asuransi Individu ini memberikan perlindungan jiwa terhadap kematian dengan premi yang terjangkau namun memberikan perlindungan yang tinggi. Dengan masa pembayaran premi yang bisa disesuaikan dengan keinginan.
Keunggulan
a.        Terjamin Seumur Hidup
b.        Selama Peserta tidak memutuskan untuk mengakhiri, Masa Asuransi akan tetap berlaku seumur hidup. Jadi kapan pun Peserta mengalami kejadian tak terduga, manfaat Uang Pertanggungan akan diberikan kepada Ahli Waris sebesar minimal 100%.
c.         Premi kembali 100%.
Jika tidak ada klaim hingga akhir Masa Pembayaran Premi, maka seluruh premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan 100%.
d.        Pembayaran 100% Uang Pertanggungan pada saat peserta mencapai usia 90 tahun.
e.        Dana tunai tersedia dan perlindungan jiwa tetap berlaku walau premi telah dikembalikan
f.          Uang Pertanggungan yang berlipat
g.        Dapat ditambahkan Rider (Asuransi Tambahan)
h.        Pilihan Masa Pembayaran Premi yang fleksibel (Sekaligus, 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun atau 20 tahun)
i.       Premi yang terjangkau dan kompetitif.
Premi sekaligus: Rp 5.000.000,-
5 tahun: Rp 6.000.000,-/tahun
10 tahun: Rp 4.000.000,-/tahun
15 tahun: Rp 2.000.000,-/tahun
20 tahun: Rp 2.000.000,-/tahun
5)        Perisai prima
BLife Perisai Prima merupakan produk yang memberikan proteksi terhadap risiko Kematian dan penggantian Biaya Perawatan di Rumah Sakit akibat Kecelakaan. BLife Perisai Prima, perlindungan prima dalam setiap aktivitas.
Premi
- Pembayaran premi dilakukan secara tahunan
- Minimal premi adalah Rp 200.00,-
6)        Solusi abadi plus
Solusi Abadi Plus, sebuah program asuransi jiwa yang memberikan perlindungan seumur hidup atau sampai usia 90 tahun dengan masa pembayaran premi yang singkat. Tak hanya itu, kami memberi keuntungan lebih berupa pengembalian atas semua premi yang telah dibayarkan.
Keunggulan
= Tertanggung mencapai usia 90 tahun
= Masa Pembayaran Premi yang singkat
= Pengembalian premi yang pernah dibayarkan
7)        Term pro
BLife Term Pro adalah asuransi jiwa berjangka yang dirancang untuk memberikan perlindungan untuk menjamin kelanjutan pendapatan apabila Tertanggung meninggal dunia dengan 2 pilihan plan manfaat pada saat Tertanggung mencapai akhir masa pertanggungan:
a. Tanpa Pengembalian Premi
b. 110% Pengembalian Premi

b.        Kumpulan
1)        Optima grup life
Optima Group Life hadir untuk membantu mewujudkan rasa nyaman bagi Anda dan para pegawai Anda. Optima Group Life menyediakan perlindungan keuangan terhadap risiko yang mungkin terjadi, baik karena kecelakaan ataupun sakit. Dengan Optima Group Life, para pegawai Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar untuk mencapai target perusahaan yang semakin optimal.
Keunggulan
a.        Proteksi Jiwa
Para pegawai perusahaan Anda akan memperoleh perlindungan jiwa baik karena kecelakaan maupun sakit.
b.        Ketenangan Peserta
Peserta akan memperoleh ketenangan dalam melakukan segala aktivitas karena adanya proteksi terhadap risiko jiwa baik karena kecelakaan maupun sakit.
c.         Peningkatan Produktivitas
Dapat meningkatkan produktivitas kerja para karyawan perusahaan karena adanya ketenangan dalam bekerja.
d.        Santunan Bagi Ahli Waris
Keluarga atau saudara sebagai ahli waris memperoleh santunan bila terjadi risiko jiwa dari peserta.
2)        Optima grup protection
Program asuransi jiwa kumpulan yang memberikan perlindungan keuangan terhadap risiko yang mungkin terjadi dalam masa asuransi, atas risiko kematian maupun cacat tetap total yang terjadi sebagai akibat dari suatu kecelakaan. Optima Group Protection hadir untuk membantu mewujudkan rasa nyaman bagi perusahaan dan karyawan Anda.

3)        Optima grup credit life
Program perlindungan kredit karyawan yang diselenggarakan oleh Perusahaan, seperti Car Ownership Program (COP) atau Home Ownership Program (HOP). Asuransi ini akan melindungi dana pinjaman karyawan ke Perusahaan bilamana dalam jangka waktu pembayaran kredit, karyawan meninggal dunia.

v  Analisis sasaran konsumen :
Asuransi jiwa untuk individu premi paling ringan 200 untuk bagi seseorang dengan gaji segitu dan khususnya fixed protection umur 17 sudah bisa ambil asuransi. Cocok untuk yang mau berasuransi sejak muda, yang mempunyai pikiran ke depan
Sementara asuransi untuk kumpulan sasarannya bagi sebuah perusahaan yang memberikan asuransi kepada karyawannya. Kalau yg optima grup life biasanya untuk karyawan kantoran, kalo yang protection sasarannya untuk perusahaan yang bergerak di lapangan jadi asuransi kecelakaan saat kerja. Kalo credit life biasanya untuk melindungi dana pinjaman karyawan ke perusahaan.

2.        Investasi
a.        Blife spectra link
Solusi investasi dengan berbagai manfaat yang Anda butuhkan, seperti perencanaan masa depan keluarga, perencanaan dana hari tua, perencanaan pendidikan anak, perencanaan tabungan dan investasi, dana darurat, lengkap dengan perlindungan jiwa.
Keunggulan :
1.        Perlindungan asuransi hingga Tertanggung berusia 90 tahun.
2.        Pemilihan jenis investasi sesuai dengan profil risiko Anda.
3.        Pilihan metode pembayaran yang bervariasi (Premi Sekaligus dan Premi Berkala)
4.        Fleksibilitas dalam menarik seluruh maupun sebagian dana Anda kapan saja pada harga unit yang berlaku saat itu.
5.        Fleksibilitas dalam menentukan proporsi dana investasi sesuai kebutuhan.
6.        Fleksibilitas dalam penambahan dana investasi setiap saat.
7.        Pengelolaan dana yang transparan melalui manajer investasi Schroder Investment Management Indonesia dan BNP Paribas.
8.        Bebas pajak untuk penarikan hasil investasi setelah 3 (tiga) tahun.
9.      Bebas biaya asuransi dan administrasi pada tahun pertama.
b.        Blife plan multi pro
merupakan produk asuransi dengan manfaat perlindungan dan investasi yang bisa menjamin ketersediaan dana di masa datang. Keunggulannya ialah pembayaran premi fleksibel, premi ringan, bisa ditambahkan asuransi tambahan (rider), bebas menambah dana investasi kapan saja, bebas biaya administrasi pada tahun pertama dan dikelola oleh manajer investasi yang terpercaya.
Keunggulan
1.        Premi ringan
Premi dasar minimal Rp 100 ribu/bulan dengan premi top up berkala Rp 100 ribu/bulan.
2.        Alternatif pembayaran yang beragam
Pembayaran premi dapat dilakukan secara bulanan, triwulanan, semesteran dan tahunan.
3.        Bebas biaya administrasi pada tahun pertama
Pada tahun pertama, polis Anda tidak dikenai biaya administrasi.
4.        Dana investasi dapat ditambah kapan saja
Anda dapat menambahkan dana investasi (top up sekaligus) setiap saat dengan minimum Rp 1.000.000.
5.        Dapat dimiliki siapa saja
BLife Plan MultiPro dapat dimilki oleh siapa saja dengan ketentuan usia masuk Tertanggung adalah 5 tahun sampai 65 tahun. Jangka waktu kontrak adalah sampai Tertanggung mencapai usia 80 tahun.
6.        Dana dikelola secara Profesional
Dengan BLife Plan MultiPro, dana Anda akan dikelola secara profesional oleh manajer investasi berpengalaman dari PT Schroder Investment Management Indonesia dan PT Danareksa Investment Management.
c.         Maksima
- Manfaat Proteksi & Investasi
- Perlindungan Jiwa Hingga Usia 90 Tahun
- Bebas Menentukan Uang Asuransi
- Bebas Memilih Pilihan Investasi
d.        Hy-end pro
Produk asuransi yang memberikan gabungan manfaat Endowment (manfaat meninggal dunia dan manfaat hidup) serta nilai tunai.
e.        Maksima pro
Maksima Pro merupakan produk unit-link yang memberikan perlindungan jiwa lengkap dengan Pengembangan Dana lnvestasi yang optimal. Anda dapat bebas menentukan Pilihan Jenis lnvestasi terbaik untuk memaksimalkan dana yang ada sesuai dengan profil risiko Anda. Produk ini pun lebih memudahkan Anda dengan metode pembayaran premi secara sekaligus.

v  Analisis sasaran :
Blife spectra link kyaknya jarang bgt ada orang yang hidup hingga 90 tahun jadi keunggulan tersebut di anggap tidak ada. Bagi orang yang mempunyai keinginan investasi kalangan menengah dan menengah ke atas, kalangan atas.
Yang plan multi pro untuk semuanya jadi umur 17 udah bisa asuransi investasi untuk yang ingin berinvestasi.

3.        Pendidikan
a.        Smart education
BLife Smart Education merupakan program keuangan yang menyediakan Dana Pendidikan Anak (Penerima Beasiswa) berupa Tahapan Biaya Pendidikan dan Pembayaran Berkala serta memberikan proteksi ekonomi terhadap risiko tertinggi.
b.        Solusi pintar
Merupakan asuransi yang bertujuan untuk mempersiapkan pendidikan buah hati Anda dengan manfaat pemberian dana pendidikan mulai dari SD sampai dengan Perguruan Tinggi.
          Produk ini memberikan manfaat perlindungan jiwa yang juga bisa ditambahkan dengan rider (asuransi tambahan) seperti Personal Accident, Term Life dan Personal Health

v  Sasaran : keduanya pas untuk asuransi pendidikan tapi yang solusi pintar mempunyai keunggulan anak tersebut baru lahir asal kk dan ake nya sudah jadi langsung bisa di buatkan asuransi pendidikan, kalau yang smart hanya mulai umur 6 bulan. Keduanya sama dari tk sampai perguruan tinggi

4.        Jaminan hari tua
a.        Individu
Blife pro sejahtera
Saat usia produktif, setiap orang memiliki kesempatan untuk merencanakan masa depannya. Namun sebagian besar kurang memperhitungkan perencanaan di masa pensiun. Padahal di masa itu, beban keuangan meningkat dikarenakan berkurangnya penghasilan. Tentu saja, kita tak ingin merana di hari tua atau menjadi beban bagi anak cucu.
-Pro Sejahtera Kesehatan
-Pro Sejahtera Dana Tunai Bertahap
b.        Kumpulan
1.        Optima grup saving
Optima Group Saving memberikan solusi perencanaan dan pengelolaan dana hari tua yang menggabungkan unsur pviduroteksi asuransi jiwa dan investasi. Dengan program yang tepat dan layanan yang dapat diandalkan dari BNI Life, Perusahaan Anda dapat lebih fokus pada bisnisnya untuk mencapai target yang semakin gemilang.
2.        Optima executive saving
Optima Executive Saving merupakan program perlindungan pensiun atau hari tua yang khusus diperuntukkan bagi para eksekutif atau Top Management Perusahaan.

v  Sasaran :
Klau yang individu sasarannya orang yang sadar untuk asuransi hari tua mereka yang pekerjaanya tidak memiliki dana asuransi seperti pengusaha dll. Sementara untuk kumpulan sasarannya perusahaan kalau gru saving untuk karyawan biasa, bila executive saving untuk para eksekutif atau top manajernya.


5.        Kesehatan
a.        Individu
1)        Optima medica
Karena kesehatan adalah anugerah yang tak ternilai, oleh karenanya kami persembahkan paket perlindungan kesehatan dengan pilihan manfaat Santunan Harian Rawat Inap yang beragam, serta keunggulan lain yang menarik. BLife Optima Medica merupakan pilihan yang tepat di saat Anda terpaksa harus berbaring di rumah sakit dan menginginkan ketenangan
2)               Spectra health care
Spectra Health Care dipersembahkan untuk Anda yang menginginkan manfaat khusus kesehatan bagi Anda dan keluarga, karena memberikan penggantian biaya perawatan saat Anda maupun anggota keluarga yang sakit.
3)               Maksima sehat
Program asuransi kesehatan Maksima Sehat memberikan penggantian biaya bagi Anda maupun anggota keluarga Anda yang menjalani perawatan di Rumah Sakit yang diakibatkan oleh penyakit maupun kecelakaan serta termasuk di dalamnya pemberian santunan terhadap risiko kematian.

b.  Kumpulan
i.          Optima cash plan
Optima Cash Plan membantu perencanaan dan pengelolaan risiko kesehatan untuk menciptakan rasa aman bagi karyawan sehingga produktivitas tetap terjaga dan kinerja perusahaan tumbuh dengan optimal.
ii.         Optima grup health
Melalui Optima Group Health, kami membantu perusahaan Anda dalam mewujudkan hal tersebut. Produk ini memiliki pilihan paket yaitu Paket Standar maupun yang disesuaikan dengan permintaan yang diinginkan (tailor-made). Percayakan perencanaan dan pengelolaan risiko kesehatan kepada Optima Group Health dan wujudkan kinerja bisnis yang maksimal.

v  SASARAN : seperti yang di atas induividu pasti hanya untuk perorangan dan kupulan untuk sebuah perusahaan, kalo yag optima cash plan karyawan dalam perusahan tersebut tidak boleh bekerja dalam bidang yang berbahaya, sementara grup health tidak masalah. Jadi sasaran perusahaanya jelas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN JAWABAN TEORI PERMINTAAN DAN UANG DAN KURVA ISLM

SOAL DAN JAWABAN PENGANGGARAN PERUSAHAAN TENTANG : ANGGARAN PRODUKSI DENGAN POLA SATABILITAS PRODUKSI, ANGGARAN KEBUTUHAN, ANGGARAN BIAYA PEMBELIAN, ANGGARAN BAHAN BAKU, ANGGARAN KAS KELUAR, ANGGARAN UTANG USAHA, DAN ANGGARAN BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG

TEORI EKONOMI MIKRO : PASAR OLIGOPOLI