TUGAS DAN JAWABAN SEGMENTASI PEMASARAN
Nur
Azizah Abrida Basuni
1512000051
No
|
Produk
|
Logo
|
Pasar
Sasaran
|
Dasar
Segmentasi
|
Tag
Line
|
Positioning
|
1
|
Indomie
|
|
Semua
umur kecuali balita
|
-
demografis : seluruh masyarakat indonesia dengan berbagai varian rasa makanan
daerah, sehingga semua dapat menikmati cita rasa daar daerahnya
-
geografis : dapat dikatakan bahwa indomie telah menembus pasar internasional.
-
psikografis : semua kalangan, baik kalangan atas hingga kalangan bawah,
harganya yang terjangkau.
-
perilaku : disambut antusias karena dengan produk instan, harga terjangkau,
dan memiliki banyak varian rasa
|
“Indomie
seleraku”
|
Menanamkan
dibenak konsumen bahwa ini adalah mie milik orang indonesia, dengan cita rasa
nusantara. Indomie juga bisa di katakan market leader = pelopor produk mie
instant pertamakali di Indonesia
|
2
|
Ultra
Milk
|
|
Anak-
anak serta remaja
|
- demografis
: ditujukan kepada seluruh
masyarakat terutama untuk anak-anak dan para remaja.
- geografis : sangat
sesuai dengan seluruh iklim di dunia terutama di indonesia, saat musim kemarau sangat
cocok untuk kita minum ultra milk yang dihidangkan dingin dan saat musim
hujan dihidangkan biasa.
- psikografis : ditujukan kepada semua kelas sosial baik kelas menengah ke bawah
maupun kelas menengah ke atas karena harganyapun juga sangat terjangkau.
|
“Make
your move”
|
minuman susu cair sebagai
penambah nilai gizi yang praktis untuk dikonsumsi.
|
3
|
Toyota
agya
|
|
masyarakat
kelas menengah,
eksekutif muda, instansi-instansi yang baru berkembang.
|
-
demografis: tingkat
pendapatan menengah.
-
geografis : masyarakat
perkotaan lewat konsep mobil citycar.
|
“Most
wanted city car is here”
|
mobil murah
ramah lingkungan tapi tidak murahan, karena dilengkapi fitur-fitur dan
komponen produksi Toyota yang sudah teruji kehandalannya.
|
4
|
Aqua
|
|
Seluruh
kalangan, namun fokus kepada orang yang ingin hidup praktis.
|
-
demografis : semua kalangan, jenis kelamin, dan usia.
- geografis : berbagai tempat di
Indonesia dan di setiap musim.
- psikografis : kelas sosial menengah. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kalangan
kelas sosial bawah untuk mengkonsumsinya,
|
“Dari
kita untuk Indonesia”
#ADAAQUA
|
mengedukasi masyarakat agar tidak
merasa aneh untuk meminum air mineral dalam kemasan botol. Market Leader di bidang air minum kemasan
|
5
|
Yamaha
vixion
|
|
Fokus
kepada yang menyukai tantangan khusunya kaum pria remaja hingga dewasa
|
-
demografis : untuk kalangan laki-laki dewasa, kalangan atas hingga menengah.
-
geografis : melayani semua segmen pasar
-
psokigrafis : untuk yang menyukai tantangan khususnya pria.
-
perilaku : vixion sangat tangguh dan lincah untuk perjalanan jauh di
perkotaan maupun gunung-gunung.
|
“Ini
jalan penguasa, ini jalan kita”
|
Lebih unggul dari produk-produk sepeda motor
yang lain. Dengan harga yang terjangka dapat
menarik minat konsumen untuk membeli.
|
6
|
Coca-cola
|
|
Seluruh
kalangan kecuali balita
|
-
demografis : usia 12-50, baik laki-laki atau perempuan dan seluruh kalangan.
-
geografis : seluruh wilayah di dunia, dan seluruh iklim.
-
psikografs : untuk seluruh kelas sosial.
|
“Segarkan
semangatmu”
|
Coca Cola
telah memposisikan dirinya berada didalam pasar minuman ringan dunia.
|
7
|
Pond’s white beauty
|
|
Untuk
wanita remaja, dewasa, hingga ibu-ibu.
|
-
demografis : untuk wanita remaja hingga dewasa, ibu-ibu, karena ponds sudah
membuat banyak jenis produk untuk berbagai usia
-
geografis : seluruh wilayah di indonesia, karena ponds membuat produk yang
cocok untuk kulit wanita asia
-
psikografs : untuk seluruh kelas sosial, khusunya wanita yang menjaga
kecantikannya.
-
perilaku : dengan berbagai varian kegunaanya bisa menjadi solusi perawatan
wanita.
|
“putih, merona, bersinar”
|
memosisikan produk ponds white beauty
di konumen sebagai produk kecantikan yang dapat membuat wajah tampak putih
alami dan terlihat berseri.
|
8
|
Lifebuoy
|
|
Untuk
semua kalangan kecuali balita
|
-demografi:
untuk keluarga yang menginginkan sabun antiseptik
-
geografi : seluruh masyarakat di di wilayah indonesia
-
psikografis : untuk orang tua yang ingin mengajarkan anaknya betapa
pentingnya cuci tangan dengan sabun
-
perilaku : keluarga yang sangat memperhatikan kebersihan dan kesehatan.
|
“Cuci
tangan pakai sabun”
|
persepsi
konsumen dengan memanfaatkan atribut atau manfaat yang ada pada produk
|
9
|
Rinso
|
|
Untuk
ibu-ibu
|
-
demografis : untuk seluruh kalangan baik dari kalangan atas hingga kalangan
menengah kebawah
-
geografis : masyarakat di seleruh masyarakat indonesia.
-
psikografis : untuk ibu-ibu yang menginginkan kualitas dari sabun detergen
ini sendiri
|
“Berani
kotor itu baik”
|
mampu membuat suatu pernyataan kontradiktif dengan fungsinya sebagai
sabun deterjen melalui slogan yang ia pakai.
|
10
|
Yamaha
mio
|
|
Wanita
muda yang lebh menyukai perjalanan santai tanpa menggunakan gigi trasmisi
|
-
demografis : untuk wanita muda.
-
geografis : melayani semua segmen pasar
-
psokigrafis : kalangan
yang lebih menyukai perjalanan yang santai dan teknologi matic
-
perilaku : irit,gesit,santai
dan bermanfaat untuk untuk membawa barang karena punya bagasi yang cukup
luas.
|
“Just
your style”
|
inovasi
terhadap teknologi matic seperti desain yang sporty dan
kinerja mesin yang lebih bertenaga. pioner motor matic
di Indonesia.
|
Komentar
Posting Komentar