MAKALAH PEMASARAN BERKAITAN DNGAN PENGEMBANGAN TEKNIK INFORMATIKA


PEMASARAN BERKAITAN DENGAN PENGEMBANGAN TEKNIK INFORMATIKA
20120924175610logoabfi_(transparan)
Yuna Parera (15120000)
Nur Azizah Abrida Basuni (1512000051)
Nadia Nurul Pramesti (15120000)
Sarah Marcelleyna Samosir (15120000)
Putri Utami (15120000)

Semester Ganjil
2016-2017
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Perbanas Institute Jakarta
PEMASARAN BERKAITAN DENGAN PENGEMBANGAN TEKNIK INFORMATIKA
A.        Pengertian Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
1.         Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
2.         Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
3.         Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
4.         Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.

B.        Pentingnya Pemasaran Bagi Perusahaan
Keberhasilan perusahaan mencapai tujuan dan sasaran perusahaan sangat di pengaruhi oleh kemampuan perusahaan memasarkan produknya. Tujuan perusahaan untuk dapat menjamin kelangsungan hidupnya, berkembang dan mampu bersaing, hanya mungkin apabila perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kuantitas yang diharapkan serta mampu mengatasi tantangan dari para pesaing dalam pemasaran. untuk ini dibutuhkan orang-orang yang dinamis yang mempunyai kreatifitas, inisiatif dan ulet untuk memimpin kegiatan bidang pemasaran agar perusahaan berhasil. Pemasaran merupakan salah satu fungsi disamping fungsi yang lain (yaitu produksi dan keuangan).
Rencana bisnis seringkali banyak merinci hal-hal yang ingin dicapai oleh wirausahawan, misalnya keuangan, tetapi sedikit sekali yang memperhatikan strategi untuk mencapai sasaran-sasaran tersebut. banyak wirusahawan yang menghambur-hamburkan tenaga dengan mengerahkan dana, manusia, dan sumber daya lain untuk menjual produk dan jasa mereka hanya karena mereka gagal menetapkan strategi yang harus dilakukan untuk menarik dan mempertahankan basis pelanggan yang menguntungkan. Agar efektif, rencana bisnis yang baik harus berisi rencana keuangan dan rencana pemasaran. Seperti rencana keuangan, rencana pemasaran memproyeksikan angka-angka dan menganalisanya, tetapi dari sudut pandang yang berbeda rencana pemasaran lebih memusatkan kepada pelanggan, rencana pemasaran mengidentifikasi pelanggan sasaran dan menguraikan cara-cara perusahaan menarik dan mempertahankan pelanggan. Fokus utamanya adalah meraih dan mempertahankan keunggulan bersaing untuk perusahaan kecil. 
Pemasaran (marketing) merupakan proses penciptaan dan penyampaian barang dan jasa yang diinginkan kepada pelanggan dan meliputi keinginan yang berkaitan dengan memenangkan dan mempertahankan pelanggan setia. "Rahasia" kesuksesan pemasaran terletak kepada kemampuan memahami apa kebutuhan, permintaan, keinginan dan menyediakan layanan pelanggan, kenyamanan dan nilai agar mereka mau kembali lagi. Sayangnya tampak ada jurang pemisah antara prinsif pemasaran yang baik dengan praktik pemasaran aktual yang dilakukan oleh-oleh perusahaan kecil.
Dalam perusahaan kecil fungsi pemasaran melekat pada seluruh perusahan, mempengaruhi setiap aspek kegiatan, dari keuangan dan produksi hingga perekrutan dan pembelian dan juga dalam kesuksesan perusahaan. Sejalan dengan lingkungan bisnis global yang semakin bergolak dan persaingan yang ketat, pemillik perusahaan kecil harus memahami pentingnya mengembangkan strategi pemasaran yang relevan, kesuksesan dan keberlangsungan hidup mereka bergantung pada hal ini. 
Rencana pemasaran bukan hanya untuk perusahaan raksasa yang bersaing dalam pasar internasional, walaupun  kecil ukurannya dan anggaran pemasarannya tidak dapat dibandingkan dengan pesaing besarnya. Bukan berarti wirausahawan tidak mempunyai kekuatan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.
Kampanye pemasaran yang sukses tidak mengharuskan seorang wirausahawan menghabiskan banyak orang, tetapi memang membutuhkan kreatifitas, kecerdikan dan pemahaman atas kebiasaan membeli para pelanggan.

C.        Kelebihan Pemasaran digital
Pemasaran bisnis online akan memberikan akses yang luas dari pelanggan potensial. Sudah diperkirakan bahwa beberapa miliar orang yang tersebar di seluruh dunia pasti menggunakan internet setiap harinya. Sehingga banyak pemasaran bisnis bagi sebuah kelompok besar hanya melalui internet.
Internet merupakan satu-satunya media yang dapat melintasi batas-batas geografis serta nasional. Anda bisa menempatkan iklan di internet dan seluruh masyarakat di seluruh dunia pun bisa melihat iklan tersebut.
Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mempromosikan bisnis di internet juga jauh lebih murah jika dibandingkan media pemasaran lainnya. Hal inilah yang memudahkan para pelaku bisnis kecil dan menengah untuk mengenalkan produk mereka.
Internet memungkinkan Anda untuk selalu terhubung dengan pelanggan secara real time. Jika Anda menerapkan sistem diskon, Anda juga bisa dengan mudah mengirimkan email ke pelanggan dan mereka pun bisa langsung membeli produk Anda. Selain itu, internet juga memungkinkan Anda untuk bisa mengirimkan beberapa pesan di saat yang sama. Itu berarti bahwa Anda bisa mengirimkan newsletter kepada setiap pelanggan.
Internet marketing dapat memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan umpan balik instan dari para pelanggan. Pelanggan bisa membiarkan Anda tahu tentang pengalaman yang mereka alami setelah menggunakan produk dan tersebut dan memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah pelaku bisnis perlu membuat perbaikan layanan atau tidak.
Internet marketing atau pemasaran online juga bisa menghemat waktu. Seseorang bisa mendapatkan semua informasi mengenai produk maupun jasa melalui internet, dengan begitu pelanggan bisa mengetahuinya.
Internet marketing juga memungkinkan bisnis yanga Anda jalankan akan tersedia setiap hari selama 24 jam, itu berarti cara tersebut akan membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan.

D.        Kekurangan Pemasaran digital
Meskipun jangkauan untuk pemasaran online sangat luas, namun biaya awal yang dibutuhkan untuk sebuah situs bisa saja tinggi. Semua itu termasuk biaya perangkat lunak yang diperlukan dan hardware serta biaya untuk pemeliharaan.
Masih banyak para pelanggan yang menggunakan media tersebut hanyta untuk memiliki informasi lebih lanjut mengenai produk dan mereka lebih memilih untuk membelinya secar offline.
Banyak para pelanggan yang tidak mahir menggunakan internet sehingga hal itu bisa menyebabkan Anda kehilangan para pelanggan.
Adanya aturan perubahan perdagangan yang terus berkembang dalam pemasaran online. Semua itu pastinya membutuhkan suatu perhatian konstan dan pemantauan demi memastikan bahwa strategi pemasaran online yang Anda jalankan tidak terlihat out of date.
Kerugian terbesar dari pemasaran online merupakan kerentanan terhadap segala kegiatan penipuan. Banyak sekali website yang tidak sah terlihat di situs-situs asli dan mereka merampok uang para pelanggan. Spamming juga menjadi salah satu tantangan terbesar bagi pemasaran online dan data rahasia pun akan dengan mudah dicuri oleh hacker.
Pemasaran online tidak mempunyai sentuhan manusia secara langsung saat pelanggan membeli produk. Hal itu tentu saja akan menghambat prospek membangun hubungan yang memainkan peranan penting di dalam penjualan konstan.
Pemasaran online sangat bergantung pada teknoligi sehingga sangat rentan terhadap kesalahan teknis.

E.         Model Perilaku Pelanggan
1.         Sebelum Era Digital
Konsep AIDMA adalah proses yang mengarahkan konsumen untuk membeli beberapa produk. Konsep AIDMA menggambarkan hal pertama yang ingin dicapai adalah membuat konsumen
Menjadi sadar akan produk (Attention), lalu mendapatkan ketertarikan (Interest), kemudian memunculkan keinginan untuk mendapatkan produk atau jasa yang diiklankan (Desire), kemudian menghafalnya (Memory), dan tahap terakhir adalah melakukan pembelian (Action). Konsep AIDMA berasumsi pada tindakan yang diambil oleh orang yang menonton Televisi sebagai media beriklan, dilihat dari satu konsep yaitu menghafal atau melihat secara berulang
(Memory), bukan perilaku orang yang belanja di toko-toko konvensional. Berangkat dari konsep AIDMA yang tidak relevan dengan perilaku konsumen di tengah kemajuan teknologi (internet),
2.         Sesudah Era Digital
a.         Konsep AISAS
b.         Attention
Pesan atau iklan haruslah menarik perhatian khalayak sasarannya, untuk itu pesan atau iklan memerlukan bantuan lain seperti ukuran (size untuk media cetak atau durasi air time untuk media penyiaran), penggunaan warna, tata letak, jenis huruf yang ditampilkan, serta berbagai suara khusus untuk iklan radio dan televisi. Hal yang pokok dan sangat perlu untuk diperhatikan adalah bahwa perhatian calon konsumen harus didapatkan.
c.         Interest
Setelah perhatian akan pesan sudah berhasil direbut, persoalan yang dihadapi adalah apakah konsumen memiliki minat dan keingintahuan lebih. Untuk itu mereka harus dirangsang agar mau membaca dan mengikuti pesan-pesan yang disampaikan
d.         Search
Search merupakan berkah bagi konsumen dengan adanya mesin pencari, sebelum mengambil keputusan, maka konsumen akan berusaha mencari informasi sebanyak-banyaknya lewat search engine. Product review, tulisan di blogs, website-website lain, milist, dan semua informasi akan terpampang dengan jelas di mesin pencari, inilah yang membantu konsumen untuk mengambil keputusan.
e.         Action
Action adalah tindakan konsumen, pada tahap ini the real experience tercipta. Proses interaksi langsung antara konsumen dengan sales channel, transaksi, delivery, konsumsi, hingga after sales service merupakan satu kesatuan pengalaman yang benar-benar harus senantiasa dijaga agar sesuai bahkan melebihi ekspektasi dari konsumen.
f.          Share
Share adalah hasil setelah konsumen merasakan semua pengalaman interaksi mereka dengan produk/brand, mereka akan membagi pengalamannya kepada orang lain melalui email, chat, blogs, mailist, online forum, dan lain-lain. Sehingga pengalaman baik ataupun buruk akan mudah tersebar ke banyak orang, dan juga akan terendus oleh search engine. Melalui konsep AISAS ini, perusahaan melihat bahwa consumer sebagai orang yang aktif, yang dapat melakukan pencarian akan informasi dan membagikan informasi yang sudah didapat kepada orang lain.

F.         Mengapa Kita harus menggunaka Internet sebagai sarana Marketing
1.         Cakupan pasar yang sangat besar
Di Indonesia penduduk sudah mulai menggunakan internet di dalam kehidupan sehari-hari dengan jumlah 74,6 juta penduduk , rata-rata masarakat mengakses internet 3 jam sehari dan paling bannyak mengunjungi media social, browsing, mencari berita , cek email, download / upload, dan chating. Dan diprediksikan pengguna intenet pada tahun 2015 akan terus meningkat
2.         Mudah dan murah menggunakan riset pasar
Sangat mudah untuk melakukan riset pasar hanya dengan alat yang disediakan google yaitu google keyword tool.
3.         Memasarkan produk (barang dan  jasa atau informasi ) tanpa melihat stuktur usaha
Menjual barang dan jasa jika menggunakan intenet tidak harus memerlukan tempat usaha yang besar. Hanya dengan website kita bisa melakukan usaha
4.         24 jam sehari
Kita bisa bebas melakukan perdagangan tanpa ada batas waktu yang ditentukan kapan saja dan dimana saja
5.         Berbayar atau gratis
Ada yang berbayar, berbayar jika kita menggunakan website untuk, kalau yang gratis kita bisa menggunakan blogger, wordpress media social dll.
6.         Cepat murah dan tepat sasaran
Internet sebagai media pemasaran memang sangatlah efektif karena banyak menghemat biaya dan tepat pada sasaran. Internet merupakan jalur komunikasi dua arah dimana orang dapat melakukan komunikasi berulang-ulang. Internet sangat beguna sebagai deliver information (pengirim informasi) yang dapat medukung keputusan pembelian saat ingin melakukan pembelian.




 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN JAWABAN TEORI PERMINTAAN DAN UANG DAN KURVA ISLM

SOAL DAN JAWABAN PENGANGGARAN PERUSAHAAN TENTANG : ANGGARAN PRODUKSI DENGAN POLA SATABILITAS PRODUKSI, ANGGARAN KEBUTUHAN, ANGGARAN BIAYA PEMBELIAN, ANGGARAN BAHAN BAKU, ANGGARAN KAS KELUAR, ANGGARAN UTANG USAHA, DAN ANGGARAN BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG

TEORI EKONOMI MIKRO : PASAR OLIGOPOLI