MAKALAH PEMASARAN BERKAITAN DNGAN PENGEMBANGAN TEKNIK INFORMATIKA
PEMASARAN BERKAITAN
DENGAN PENGEMBANGAN TEKNIK INFORMATIKA
Yuna Parera (15120000)
Nur Azizah Abrida Basuni (1512000051)
Nadia Nurul Pramesti (15120000)
Sarah Marcelleyna Samosir (15120000)
Putri Utami (15120000)
Semester Ganjil
2016-2017
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Perbanas Institute Jakarta
PEMASARAN BERKAITAN
DENGAN PENGEMBANGAN TEKNIK INFORMATIKA
A.
Pengertian
Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran
diantaranya adalah :
1.
Philip
Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
2.
Menurut Philip
Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial
yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan
inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan
orang lain.
3.
Pemasaran
adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang
yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan
perusahaan.
4.
Menurut W
Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan
untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang
dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
B.
Pentingnya
Pemasaran Bagi Perusahaan
Keberhasilan perusahaan mencapai
tujuan dan sasaran perusahaan sangat di pengaruhi oleh kemampuan perusahaan
memasarkan produknya. Tujuan perusahaan untuk dapat menjamin kelangsungan
hidupnya, berkembang dan mampu bersaing, hanya mungkin apabila perusahaan dapat
menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kuantitas yang
diharapkan serta mampu mengatasi tantangan dari para pesaing dalam pemasaran.
untuk ini dibutuhkan orang-orang yang dinamis yang mempunyai kreatifitas,
inisiatif dan ulet untuk memimpin kegiatan bidang pemasaran agar perusahaan
berhasil. Pemasaran merupakan salah satu fungsi disamping fungsi yang lain
(yaitu produksi dan keuangan).
Rencana bisnis seringkali banyak
merinci hal-hal yang ingin dicapai oleh wirausahawan, misalnya keuangan, tetapi
sedikit sekali yang memperhatikan strategi untuk mencapai sasaran-sasaran
tersebut. banyak wirusahawan yang menghambur-hamburkan tenaga dengan mengerahkan
dana, manusia, dan sumber daya lain untuk menjual produk dan jasa mereka hanya
karena mereka gagal menetapkan strategi yang harus dilakukan untuk menarik dan
mempertahankan basis pelanggan yang menguntungkan. Agar efektif, rencana bisnis
yang baik harus berisi rencana keuangan dan rencana pemasaran. Seperti rencana
keuangan, rencana pemasaran memproyeksikan angka-angka dan menganalisanya,
tetapi dari sudut pandang yang berbeda rencana pemasaran lebih memusatkan
kepada pelanggan, rencana pemasaran mengidentifikasi pelanggan sasaran dan
menguraikan cara-cara perusahaan menarik dan mempertahankan pelanggan. Fokus
utamanya adalah meraih dan mempertahankan keunggulan bersaing untuk perusahaan
kecil.
Pemasaran (marketing) merupakan
proses penciptaan dan penyampaian barang dan jasa yang diinginkan kepada
pelanggan dan meliputi keinginan yang berkaitan dengan memenangkan dan
mempertahankan pelanggan setia. "Rahasia" kesuksesan pemasaran
terletak kepada kemampuan memahami apa kebutuhan, permintaan, keinginan dan
menyediakan layanan pelanggan, kenyamanan dan nilai agar mereka mau kembali
lagi. Sayangnya tampak ada jurang pemisah antara prinsif pemasaran yang baik
dengan praktik pemasaran aktual yang dilakukan oleh-oleh perusahaan kecil.
Dalam perusahaan kecil fungsi
pemasaran melekat pada seluruh perusahan, mempengaruhi setiap aspek kegiatan,
dari keuangan dan produksi hingga perekrutan dan pembelian dan juga dalam
kesuksesan perusahaan. Sejalan dengan lingkungan bisnis global yang semakin
bergolak dan persaingan yang ketat, pemillik perusahaan kecil harus memahami
pentingnya mengembangkan strategi pemasaran yang relevan, kesuksesan dan
keberlangsungan hidup mereka bergantung pada hal ini.
Rencana pemasaran bukan hanya
untuk perusahaan raksasa yang bersaing dalam pasar internasional, walaupun
kecil ukurannya dan anggaran pemasarannya tidak dapat dibandingkan dengan
pesaing besarnya. Bukan berarti wirausahawan tidak mempunyai kekuatan dalam
mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.
Kampanye pemasaran yang sukses
tidak mengharuskan seorang wirausahawan menghabiskan banyak orang, tetapi
memang membutuhkan kreatifitas, kecerdikan dan pemahaman atas kebiasaan membeli
para pelanggan.
C.
Kelebihan Pemasaran digital
Pemasaran bisnis online akan memberikan akses yang luas dari pelanggan
potensial. Sudah diperkirakan bahwa beberapa miliar orang yang tersebar di
seluruh dunia pasti menggunakan internet setiap harinya. Sehingga banyak
pemasaran bisnis bagi sebuah kelompok besar hanya melalui internet.
Internet merupakan satu-satunya media yang dapat melintasi batas-batas
geografis serta nasional. Anda bisa menempatkan iklan di internet dan seluruh
masyarakat di seluruh dunia pun bisa melihat iklan tersebut.
Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mempromosikan bisnis di internet juga jauh lebih murah jika
dibandingkan media pemasaran lainnya. Hal inilah yang memudahkan para pelaku
bisnis kecil dan menengah untuk mengenalkan produk mereka.
Internet memungkinkan Anda untuk selalu terhubung dengan pelanggan
secara real time. Jika Anda menerapkan sistem diskon, Anda juga bisa dengan
mudah mengirimkan email ke pelanggan dan mereka pun bisa langsung membeli
produk Anda. Selain itu, internet juga memungkinkan Anda untuk bisa mengirimkan
beberapa pesan di saat yang sama. Itu berarti bahwa Anda bisa mengirimkan
newsletter kepada setiap pelanggan.
Internet marketing dapat memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan umpan
balik instan dari para pelanggan. Pelanggan bisa membiarkan Anda tahu tentang
pengalaman yang mereka alami setelah menggunakan produk dan tersebut dan
memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah pelaku bisnis perlu membuat perbaikan
layanan atau tidak.
Internet marketing atau pemasaran online juga bisa menghemat waktu.
Seseorang bisa mendapatkan semua informasi mengenai produk maupun jasa melalui
internet, dengan begitu pelanggan bisa mengetahuinya.
Internet marketing juga memungkinkan bisnis yanga Anda jalankan akan
tersedia setiap hari selama 24 jam, itu berarti cara tersebut akan membantu
meningkatkan penjualan dan keuntungan.
D.
Kekurangan Pemasaran digital
Meskipun jangkauan untuk pemasaran online sangat luas, namun biaya awal
yang dibutuhkan untuk sebuah situs bisa saja tinggi. Semua itu termasuk biaya
perangkat lunak yang diperlukan dan hardware serta biaya untuk pemeliharaan.
Masih banyak para pelanggan yang menggunakan media tersebut hanyta
untuk memiliki informasi lebih lanjut mengenai produk dan mereka lebih memilih
untuk membelinya secar offline.
Banyak para pelanggan yang tidak mahir menggunakan internet sehingga
hal itu bisa menyebabkan Anda kehilangan para pelanggan.
Adanya aturan perubahan perdagangan yang terus berkembang dalam
pemasaran online. Semua itu pastinya membutuhkan suatu perhatian konstan dan
pemantauan demi memastikan bahwa strategi pemasaran online yang Anda jalankan
tidak terlihat out of date.
Kerugian terbesar dari pemasaran online merupakan kerentanan terhadap
segala kegiatan penipuan. Banyak sekali website yang tidak sah terlihat di
situs-situs asli dan mereka merampok uang para pelanggan. Spamming juga menjadi
salah satu tantangan terbesar bagi pemasaran online dan data rahasia pun akan
dengan mudah dicuri oleh hacker.
Pemasaran online tidak mempunyai sentuhan manusia secara langsung saat
pelanggan membeli produk. Hal itu tentu saja akan menghambat prospek membangun
hubungan yang memainkan peranan penting di dalam penjualan konstan.
Pemasaran online sangat bergantung pada teknoligi sehingga sangat
rentan terhadap kesalahan teknis.
E.
Model Perilaku Pelanggan
1.
Sebelum Era Digital
Konsep AIDMA adalah proses yang mengarahkan konsumen untuk membeli
beberapa produk. Konsep AIDMA menggambarkan hal pertama yang ingin dicapai
adalah membuat konsumen
Menjadi sadar akan produk (Attention), lalu mendapatkan ketertarikan
(Interest), kemudian memunculkan keinginan untuk mendapatkan produk atau jasa
yang diiklankan (Desire), kemudian menghafalnya (Memory), dan tahap terakhir
adalah melakukan pembelian (Action). Konsep AIDMA berasumsi pada tindakan yang
diambil oleh orang yang menonton Televisi sebagai media beriklan, dilihat dari
satu konsep yaitu menghafal atau melihat secara berulang
(Memory), bukan perilaku orang yang belanja di toko-toko konvensional.
Berangkat dari konsep AIDMA yang tidak relevan dengan perilaku konsumen di
tengah kemajuan teknologi (internet),
2.
Sesudah Era Digital
a.
Konsep AISAS
b.
Attention
Pesan atau iklan haruslah menarik perhatian khalayak sasarannya, untuk
itu pesan atau iklan memerlukan bantuan lain seperti ukuran (size untuk media
cetak atau durasi air time untuk media penyiaran), penggunaan warna, tata
letak, jenis huruf yang ditampilkan, serta berbagai suara khusus untuk iklan
radio dan televisi. Hal yang pokok dan sangat perlu untuk diperhatikan adalah
bahwa perhatian calon konsumen harus didapatkan.
c.
Interest
Setelah perhatian akan pesan sudah berhasil direbut, persoalan yang
dihadapi adalah apakah konsumen memiliki minat dan keingintahuan lebih. Untuk
itu mereka harus dirangsang agar mau membaca dan mengikuti pesan-pesan yang
disampaikan
d.
Search
Search merupakan berkah bagi konsumen dengan adanya mesin pencari,
sebelum mengambil keputusan, maka konsumen akan berusaha mencari informasi
sebanyak-banyaknya lewat search engine. Product review, tulisan di blogs, website-website
lain, milist, dan semua informasi akan terpampang dengan jelas di mesin
pencari, inilah yang membantu konsumen untuk mengambil keputusan.
e.
Action
Action adalah tindakan konsumen, pada tahap ini the real experience
tercipta. Proses interaksi langsung antara konsumen dengan sales channel,
transaksi, delivery, konsumsi, hingga after sales service merupakan satu
kesatuan pengalaman yang benar-benar harus senantiasa dijaga agar sesuai bahkan
melebihi ekspektasi dari konsumen.
f.
Share
Share adalah hasil setelah konsumen merasakan semua pengalaman
interaksi mereka dengan produk/brand, mereka akan membagi pengalamannya kepada
orang lain melalui email, chat, blogs, mailist, online forum, dan lain-lain.
Sehingga pengalaman baik ataupun buruk akan mudah tersebar ke banyak orang, dan
juga akan terendus oleh search engine. Melalui konsep AISAS ini, perusahaan
melihat bahwa consumer sebagai orang yang aktif, yang dapat melakukan pencarian
akan informasi dan membagikan informasi yang sudah didapat kepada orang lain.
F.
Mengapa Kita harus menggunaka Internet sebagai
sarana Marketing
1.
Cakupan pasar yang sangat besar
Di Indonesia penduduk sudah mulai menggunakan internet di dalam
kehidupan sehari-hari dengan jumlah 74,6 juta penduduk , rata-rata masarakat
mengakses internet 3 jam sehari dan paling bannyak mengunjungi media social,
browsing, mencari berita , cek email, download / upload, dan chating. Dan
diprediksikan pengguna intenet pada tahun 2015 akan terus meningkat
2.
Mudah dan murah menggunakan riset pasar
Sangat mudah untuk melakukan riset pasar hanya dengan alat yang
disediakan google yaitu google keyword tool.
3.
Memasarkan produk (barang dan jasa atau informasi ) tanpa melihat stuktur
usaha
Menjual barang dan jasa jika menggunakan intenet tidak harus
memerlukan tempat usaha yang besar. Hanya dengan website kita bisa melakukan
usaha
4.
24 jam sehari
Kita bisa bebas melakukan perdagangan tanpa ada batas waktu yang
ditentukan kapan saja dan dimana saja
5.
Berbayar atau gratis
Ada yang berbayar, berbayar jika kita menggunakan website untuk, kalau
yang gratis kita bisa menggunakan blogger, wordpress media social dll.
6.
Cepat murah dan tepat sasaran
Internet sebagai media pemasaran memang sangatlah efektif karena
banyak menghemat biaya dan tepat pada sasaran. Internet merupakan jalur
komunikasi dua arah dimana orang dapat melakukan komunikasi berulang-ulang.
Internet sangat beguna sebagai deliver information (pengirim informasi) yang
dapat medukung keputusan pembelian saat ingin melakukan pembelian.
Komentar
Posting Komentar