LATIHAN SOAL KEBIJAKAN DEVIDEN


Latihan soal Kebijakan Dividen
1.         Axis Corporation  tahun talu memperoleh laba bersih $240.000 dan telah membagikan dividen $80.000. Dividen tersebut telah bertumbuh dengan tingkat pertumbuhan 6% per tahun selama 5 tahun.  Tahun ini perusahaan memperoleh laba $320.000. Perusahaan mendapatkan peluang investasi untuk pengembangan bisnisnya. Menurut analis perusahaan, kesempatan investasi yang layak saat ini membutuhkan dana sebesar $300.000. Hitunglah dividen yang dibayarkan jika menggunakan kebijakan:
a.       Dividen Payout Ratio (DPR) yang konstan
b.       Residual deviden, jika dipertahankan ratio debt to total asset sebesar 40%.

2.         Axel Corporation memiliki struktur modal yang sepenuhnya terdiri atas modal ekuitas biasa. Perusahaan ini memiliki 200.000 lembar saham biasa yang beredar  dengan nilai saham $2/lembar saham. Sebelumnya Axel Corp merasa perlu menanamkan kembali sebagian besar labanya untuk mendanai pertumbuhan, yang mencapai angka rata-rata 12% per tahun. Pertumbuhan di masa mendatang pada tingkat 5% dianggap sebagai angka yang realistis, namun tingkat tersebut akan menuntut dinaikkannya pembayaran dividen.

Lebih lanjut perusahaan menyadari bahwa proyek-proyek investasi baru dengan tingkat pengembalian paling sedikit 14% hanya akan menghasilkan $800.000 untuk tahun 2016 dibanding dengan proyeksi laba bersih sebesar $2.000.000. Jika pembayaran dividen sebesar 20% yang ada saat ini tetap diteruskan, saldo laba ditahan akan menjadi $1,6 juta di tahun 2016.

Suatu hal yang menggembirakan adalah bahwa laba yang tinggi dari aktiva-aktiva yang sudah ada diperkirakan akan tetap terus berlangsung, dan laba bersih $2.000.000 masih dapat diharapkan untuk tahun 2016. Saat ini manajemen Axel Corp sedang melakukan peninjauan atas kebijakan dividen.

a.       Dengan asumsi proyek investasi di tahun 2016 yang dapat diterima akan sepenuhnya didanai oleh laba yang ditahan selama tahun tersebut, hitunglah DPS (Dividen Per Share) tahun 2016.
b.       Berapakan rasio pembayaran yang berlaku untuk tahun 2016 berdasarkan atas jawaban Anda pada soal (a)?
c.       Jika rasio pembayaran sebesar 60% tetap dipertahankan, berapa estimasi harga pasar saham saat ini. Bagaimana perbandingannya dengan dengan harga pasar pada situasi terdahulu, yaitu pada kondisi pembayaran dividen 20%. Berikan komentar Anda.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN JAWABAN TEORI PERMINTAAN DAN UANG DAN KURVA ISLM

SOAL DAN JAWABAN PENGANGGARAN PERUSAHAAN TENTANG : ANGGARAN PRODUKSI DENGAN POLA SATABILITAS PRODUKSI, ANGGARAN KEBUTUHAN, ANGGARAN BIAYA PEMBELIAN, ANGGARAN BAHAN BAKU, ANGGARAN KAS KELUAR, ANGGARAN UTANG USAHA, DAN ANGGARAN BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG

TEORI EKONOMI MIKRO : PASAR OLIGOPOLI