LATIHAN SOAL LEVERAGE


Latihan soal Leverage
1.         Gentry Motor Inc., sebuah perusahaan penghasil mesin mobil berada dalam situasi berikut: EBIT = $4 juta, tarif pajak 35%, utang yang masih belum dilunasi (d) = $2 juta, rd = 10%, rs =15%, jumlah saham beredar (N0) = 600.000, dan nilai buku per lembar saham = $10. Utang berupa obligasi. Karena pasar produk Gentry stabil, seluruh laba dibayarkan sebagai dividen.

a.       Berapa laba per saham (EPS) Gentry dan harga per lembar sahamnya (P0)?
b.       Berapa rata-rata tertimbang biaya modalnya (WACC)
c.       Gentry dapat meningkatkan utangnya sebesar $8 juta, menjadi total sebear $10 juta dan menggunakan utang baru tersebut untuk membeli dan menarik bebera sahamnya pada tingkat harga saat ini. Tingkat suku bunga utangnya menjadi 12% (Gentry harus melunasi dan mengembalikan kembali utang lamanya), dan biaya ekuitas akan naik dari 15% menjadi 17%. EBIT akan tetap konstant. Apakah sebaiknya Gentry mengubah struktur modalnya?

2.         Alinda Electronics Inc, memproduksi komponen-komponen streo yang dijual sebesar P = $100. Biaya tetap adalah $200.000. Perusahaan memproduksi dan menjual 5.000 komponen tiap tahunnya. EBIT saat ini adalah $50.000 dan aktiva Alinda (seluruhnya didanai oleh ekuitas) adalah $500.000. Alinda mengestimasi dapat mengubah proses produksinya dengan menambahkan investasi sebesar $400.000 dan $50.000 pada biaya operasi tetap. Perubahan ini akan: (1) mengurangi biaya variable per unit sebesar $10 dan (2) meningkatkan output sebesar 2.000 unit, tetapi (3) harg  jual dari seluruh unit harus harus dikurangi menjadi $95 untuk memungkinkan terjualnya output tambahan.

a.       Apakah sebaiknya Alinda melakukan perubahan tersebut?
b.       Jika perubahan tersebut dilakukan, apakah titik impas Alinda akan meningkat atau menurun?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN JAWABAN TEORI PERMINTAAN DAN UANG DAN KURVA ISLM

SOAL DAN JAWABAN PENGANGGARAN PERUSAHAAN TENTANG : ANGGARAN PRODUKSI DENGAN POLA SATABILITAS PRODUKSI, ANGGARAN KEBUTUHAN, ANGGARAN BIAYA PEMBELIAN, ANGGARAN BAHAN BAKU, ANGGARAN KAS KELUAR, ANGGARAN UTANG USAHA, DAN ANGGARAN BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG

TEORI EKONOMI MIKRO : PASAR OLIGOPOLI