TEORI EKONOMI MIKRO : PASAR FAKTOR PRODUKSI


TUGAS- 10
NUR AZIZAH ABRIDA BASUNI (1512000051)

PASAR FAKTOR PRODUKSI

Pasar faktor produksi dalam Ilmu Ekonomi diartikan keseluruhan penawaran dan permintaan faktor-faktor produksi yang terdapat dalam suatu daerah/wilayah tertentu.

B.     Faktor-Faktor Penentu Permintaan Terhadap Faktor Produksi (Input Demand Factors)
Dari uraian diatas,sebenarnya telah dapat di simpulkan beberapa faktor yang mempengaruhipermintaan terhadap faktor produksi,yaitu sebagai berikutL:
1.      Harga faktor produksi
Yang dimaksud dengan harga produksi adalah upah dan gaji untuk tenaga kerja dan sewa untuk barang modal dan tanah.
2.      Permintaan terhadap output
Makin besar skala produksi makin besar terhadap permintaan input.kecuali input tersebut telah bersifat inferior.
3.      Harga faktor produksi yang lain
Pengaruh perubahan harga suatu faktor produksi terhadap permintaan faktor produksi lainnya sangat berkaitan dengan sifat hubungan antar faktor produksi.
4.      Kemajuan teknologi
kemajuan teknologi mempunyai dampak yang mendua terhadap permintaan faktor produksi. Dalam arti kemajuan teknologi dapat menambah atau mengurangi permintaan terhadap faktor produksi.
C.     Penawaran Faktor Produksi
Ada perberdaan yang mencolok antara penawaran tenaga kerja dan penawaran tanah. Penawaran tanah bersifat inelastis sempurna, karena jumlah tanah terbatas. Penawaran tenaga kerja adalah total jumlah keinginan kerja (jam kerja) yang diberikan oleh seluruh individu yang ingin bekerja (angkatan kerja) yang ada dalam pasar.
E.     Permintaan tenaga kerja dalam model satu macam faktor produksi variabel (one variable input model)
Model permintaan tenaga kerja dalam satu macam faktor produksi variabel mengasumsikan hanya tenaga kerja yang dapat di ubah-ubah jumlah penggunaannya. Permintaan industri terhadap tenaga kerja (industries labour demand) adalah total permintaan perusahaan-perusahaan yang ada dalam industri. Ini juga analogis dengan permintaan output dalam analisis perilaku konsumen.

F.      Permintaan Tenaga Kerja Dalam Model Beberapa Macam Faktor Produksi Viriabel (Multi Variables Input Model)
Model ini melonggarkan asumsi model di atas. Dengan demikian penambahan penggunaan tenaga kerja dapat diimbangi dengan penambahan faktor produksi lainnya (mesin).

Sumber :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN JAWABAN TEORI PERMINTAAN DAN UANG DAN KURVA ISLM

SOAL DAN JAWABAN PENGANGGARAN PERUSAHAAN TENTANG : ANGGARAN PRODUKSI DENGAN POLA SATABILITAS PRODUKSI, ANGGARAN KEBUTUHAN, ANGGARAN BIAYA PEMBELIAN, ANGGARAN BAHAN BAKU, ANGGARAN KAS KELUAR, ANGGARAN UTANG USAHA, DAN ANGGARAN BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG

TEORI EKONOMI MIKRO : PASAR OLIGOPOLI