DUA PANDANGAN PROSES PERUBAHAN


NUR AZIZAH ABRIDA BASUNI
1512000051

DUA PANDANGAN TENTANG PROSES PERUBAHAN


Dalam kiasan lautan tenang, perubahan adlh gangguan sesekali dalam aliran peristiwa yg normal atau di ibaratkan rakit kecil yang mengarungi sungai dengan arus liar. Diatas rakit ada beberapa orang yang semuanya tdk pernah melakukan hal tsb tdk mengenal dengan lika-liku sungai tsb.Kedua kiasan ini mewakili pendekatan yang saling bertolak belakang dalam memahami dan menanggapi perubahan.

Ø  Kiasan lautan tenang
Proses perubahan tiga langkah dari kurt lewin
1.      Pencairan
2.      Perubahan
3.      Pembekuan
Contohnya: perubahan peraturan “dilarang terlambat” Seorang manajer harus melakukan ketegasan thdp peraturan tsb. Setelah karyawan sudah mulai mengikuti, manajer memberikan penghargaan kecil terhadap karyawan yang tidak prnh terlambat .
Intinya, ketika gangguan datang, organisasi harus mengubah dan menyesuaikan dengan gangguan tsb.

Ø  Kiasan jeram liar
Perubahan sebagai ngangguan sesekali dalam lautan tenang dan stabil menghadapi resiko yang besar.

Contohnya: seorang karyawan  baru yang tidak mengerti tentang peraturan-peraturan perusahaan tsb. Sebagai karyawan baru kita harus mencari tahunya dengan bertanya kpd karyawan lain atau manajer di perusahaan tsb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN JAWABAN TEORI PERMINTAAN DAN UANG DAN KURVA ISLM

SOAL DAN JAWABAN PENGANGGARAN PERUSAHAAN TENTANG : ANGGARAN PRODUKSI DENGAN POLA SATABILITAS PRODUKSI, ANGGARAN KEBUTUHAN, ANGGARAN BIAYA PEMBELIAN, ANGGARAN BAHAN BAKU, ANGGARAN KAS KELUAR, ANGGARAN UTANG USAHA, DAN ANGGARAN BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG

TEORI EKONOMI MIKRO : PASAR OLIGOPOLI