BENTUK - BENTUK STRUKTUR ORGANISASI
NUR AZIZAH ABRIDA BASUNI
1512000051
Bentuk-bentuk Struktur
Organisasi
Bagan
organisasi memperlihatkan tentang susunan fungsi-fungsi dan departementasi yang
menunjukkan hubungan kerja sama.
Bagan ini menggambarkan lima aspek utama suatu struktur organisasi, yaitu :
Bagan ini menggambarkan lima aspek utama suatu struktur organisasi, yaitu :
1.
Pembagian kerja
2.
Rantai perintah
3.
Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
4.
Pengelompokan segmen-segmen pekerjaan
5.
Tingkatan manajemen
Adapun
cara penggambaran bagan struktur organisasi menurut Henry G. Hodges dapat
digambarkan sebagai berikut :
1. Bentuk Piramidal
2. Bentuk Vertikal
3. Bentuk Horisontal
4. Bentuk Melingkar
1. Bentuk Piramidal
2. Bentuk Vertikal
3. Bentuk Horisontal
4. Bentuk Melingkar
Adapun
terdapat beberapa macam bentuk struktur organisasi yaitu :
1. Struktur
organisasi lini
2. Struktur
organisasi lini dan staff
3. Struktur
organisasi fungsional
4. Struktur
organisasi lini dan fungsional
1. Organisasi
Lini
Bentuk lini
juga disebut bentuk lurus atau bentuk jalur. Bentuk ini merupakan bentuk yang
dianggap paling tua dan digunakan secara luas pada masa perkembangan industri
pertama. Organisasi Lini ini diciptakan oleh Henry Fayol
Ciri :
a.
Hubungan antara pimpinan & bawahan masih
bersifat langsung melalui satu garis wewenang
b.
Selain top manajer , manajer
dibawahnya hanya sebagai pelaksana
c.
Jumlah karyawan sedikit
d.
Sarana dan alatnya terbatas
e.
Bentuk lini pada perusahaan perseorangan,
pemilik perusahaan adalah sebagai top manajer
f.
Organisasi kecil
Keuntungan dari
struktur organisasi ini adalah :
1. Atasan
dan bawahan dihubungkan dengan satu garis komando
2. Rasa
solidaritas dan spontanitas seluruh anggota organisasi besar
3. Proses
decesion making berjalan cepat
4. Disiplin
dan loyalitas tinggi
5. Rasa
saling pengertian antar anggota tinggi
Keburukan dari struktur
organisasi ini adalah :
1) Ada
tendensi gaya kepernimpinan otokratis
2) Pengembangan
kreatifitas karyawan terhambat
3) Tujuan top manajer sering tidak bisa dibedakan
dengan tujuan organisasi
4) Karyawan
tergantung pada satu orang dalam organisasi
Gambar struktur
organisasi Lini :
2. Organisasi
Lini dan Staf
Organisasi
Lini dan Staf adalah kombinasi dari organisasi lini dan organisasi
fungsional. Pelimpahan wewenang dalam organisasi ini berlangsung secara
vertikal dari seorang atasan pimpinan hingga pimpinan dibawahnya. Untuk
membantu kelancaran dalam mengelola organisasi tersebut seorang pimpinan
mendapat bantuan dari para staf dibawahnya. Tugas para staf disini adalah untuk
membantu memberikan pemikiran nasehat atau saran-saran, data, informasi dan
pelayanan kepada pimpinan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan suatu
keputusan atau kebijaksanaan. Pada struktur organisasi ini Hubungan antara
atasan dengan bawahan tidak secara langsung
Ciri :
1. Hubungan
atasan dan bawahan tidak seluruhnya secara langsung
2. Karyawan
banyak
3. Organisasi
besar
4. Ada
dua kelompok kerja dalam organisasi sehingga ditekankan adanya spesialisasi:
a. Personel
lini
b. Personel
staf
Keuntungan
dari struktur organisasi ini adalah :
1) Ada
pembagian tugas yang jelas
2) Kerjasama
dan koordinasi dapat dilaksanakan dengan jelas
3) Pengembangan
bakat segenap anggota organisasi terjamin
4) Staffing dilaksanakan sesuai prinsip the
right man on the right place
5) Bentuk
organisasi ini fleksibel untuk diterapkan
Keburukan
dari struktur organisasi ini adalah :
1) Tugas
pokok orang-orang sering dinomorduakan
2) Proses
decesion makin berliku-liku
3) Jika
pertimbangan tidak terkontrol maka sering menimbulkan nepotism spoilsystem
patronage
4) Persaingan
tidak sehat antara pejabat yang satu dengan pejabat lainnya
Gambar struktur
organisasi Lini dan Staf
3. Organisasi
Fungsional
Organisasi fungsional diciptakan oleh F.W.Taylor yaitu suatu bentuk organisasi di mana kekuasaan pimpinan dilimpahkan kepada para pejabat yang memimpin satuan di bawahnya dalam satuan bidang pekerjaan tertentu. Struktur ini berawal dari konsep adanya pimpinan yang tidak mempunyai bawahan yang jelas dan setiap atasan mempunyai wewenang memberi perintah kepada setiap bawahan, sepanjang ada hubunganya dengan fungsi atasan tersebut
Ciri :
1. Organisasi
kecil
2. Di
dalamnya terdapat kelompok-kelompok kerja staf ahli
3. Spesialisasi
dalam pelaksanaan tugas
4. Target
yang hendak dicapai jelas dan pasti
5. Pengawasan
dilakukan secara ketat
Keuntungan dari
struktur organisasi ini adalah :
1) Program
tearah, jelas dan cepat
2) Anggaran,
personalia, dan sarana tepat dan sesuai
3) Kenaikan
pangkat pejabat fungsional cepat
4) Adanya
pembagian tugas antara kerja pikiran dan fisik
5) Dapat
dicapai tingkat spesialisasi yang baik
6) Solidaritas
antar anggota yang tinggi
7) Moral
serta disiplin keija yang tinggi
8) Koordinasi
antara anggota berjalan dengan baik
9) Mempromosikan
ketrampilan yang terspesialisasi
10) Mengurangi
duplikasi penggunaan sumber daya yang terbatas
11) Memberikan
kesempatan karir bagi para tenaga ahli spesialis
Keburukan dari struktur
organisasi ini adalah :
1) Pejabat
fungsional bingung dalam mengikuti prosedur administrasi
2) Pangkat pejabat fungsional lebih tinggi
dibandingkan kepala unit sehingga inspeksi sulit dilaksanakan
3) Insiatif
perseorangan sangat dibatasi
4) Sulit untuk melakukan pertukaran tugas,
karena terlalu menspesialisasikan diri dalam satu bidang tertentu
5) Menekankan
pada rutinitas tugas - kurang memperhatikan aspek strategis jangka panjang
6) Menumbuhkan
perspektif fungsional yang sempit
7) Mengurangi
komunikasi dan koordinasi antar fungsi
8) Menumbuhkan
ketergantungan antar-fungsi dan kadang membuat koordinasi dan kesesuaian jadwal
kerja menjadi sulit dilakukan
Dan tipe fungsional ini
relevan untuk situasi seperti berikut :
1. Lingkungan
stabil
2. Tugas
bersifat rutin dan tidak banyak perubahan terjadi
3. Mengutamakan
efisiensi dan kapabilitas fungsional
Gambar struktur
organisasi Fungsional
4. Organisasi
Lini dan Fungsional
Organisasi
Lini dan Fungsional adalah organisasi yang masing-masing anggota mempunyai
wewenang yang sama dan pimpinannya kolektif. Organisasi Komite lebih
mengutamakan pimpinan, artinya dalam organisasi ini terdapat pimpinan
“kolektif/ presidium/plural executive” dan komite ini bersifat managerial.
Komite dapat juga bersifat formal atau informal,komite-komite itu dapat
dibentuk sebagai suatu bagian dari struktur organisasi formal, dengan
tugas-tugas dan wewenang yang dibagi-bagi secara khusus.
Ciri :
1. Tidak
tampak adanya pembedaan tugas pokok dan bantuan
2. Spesialisasi
secara praktis pada pejabat fungsional
3. Pembagian
kerja dan wewenang tidak membedakan perbedaan tingkat eselon
4. Strukutur organisasi tidak begitu
kompleks. Biasanya terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, ketua-ketua
seksi, dan para perugas
5. Struktur organisasi secara relatif tidak
permanea. Organisasi ini hanya dipakai sesuai kebutuhan atau kegiatan
6. Tugas
pimpinan dilasanakan secara kolektif
7. Semua
anggota pimpinan mempunyai hak, wewenang dan tanggung jawab yang sama
8. Para
pelaksana dikelompokkan menurut tugas-tugas tertentu dalam bentuk satgas
Keuntungan dari
struktur organisasi ini adalah :
1) Solodaritas
tinggi
2) Disiplin
tinggi
3) Produktifitas
tinggi karena spesialisasi dilaksanakan maksimum
4) Pekerjaan-pekerjaan
yang tidak rutin atau teknis tidak dikerjakan
5) Keputusan
dapat diambil dengan baik dan tepat
6) Kecil
kemungkinan penggunaan kekuasaan secara berlebihan dari pimpinan
7) Usaha
kerjasama bawahan mudah digalang
Keburukan dari struktur
organisasi ini adalah:
1) Kurang
fleksibel dan tour of duty
2) Spesialisasi
memberikan kejenuhan
3) Proses pengambilan keputusan agak
larnban karena harus dibicarakan terlebih dahulu dengan anggota organisasi
4) Kalau
terjadi kemacetan kerja, tidak seorang pun yang mau bertanggung
jawab melebihi yang lain
5) Para
pelaksana sering bingung, karena perintah datangnya tidak dari satu orang saja
6) Kreativitas
nampaknya sukar dikembangkan, karena perintah pelaksanaan didasarkan pada
kolektivitas
Organisasi
panitia biasanya terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan beberapa seksi
5. Organisasi
Matrik
Organisasi
matrik disebut juga sebagai organisasi manajemen proyek yaitu organisasi di
mana penggunaan struktur organisasi menunjukkan di mana para spesialis yang
mempunyai ketrampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan
lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatu proyek yang harus diselesaikan
Organisasi
matrik digunakan berdasarkan struktur organisasi staf dan lini khususnya di
bidang penelitian dan pengembangan
Organisasi
matrik akan menghasilkan wewenang ganda di mana wewenang horisontal diterima
manajer proyek sedangkan wewenang fungsionalnya yaitu sesuai dcngan keahliannya
dan tetap akan melekat sampai proyek selesai, karena memang terlihat dalam
struktur formalnya. Sebagai akibat anggota organisasi matrik mempunyai dua
wewenang, hal ini berarti bahwa dalam melaksanakan kegiatannya para anggotanya
juga harus melaporkan kepada dua atasan
Untuk
mengatasi masalah yang mungkin timbul, biasanya manajer proyck diberi jaminan
untuk melaksanakan wewenangnya dalam memberikan perintah di mana manajer proyek
tersebut akan langsung lapor kepada manajer puncak
Keuntungan dari
struktur organisasi ini adalah :
Pada
fleksibelitas dan kemampuannya dalam memperhatikan masalah-masalah yang khusus
maupun persoalan teknis yang unik serta pelaksanaan kegiatan organisasi matrik
tidak mengganggu struktur organisasi yang ada
Keburukan dari struktur
organisasi ini adalah :
Manajer
proyek tak bisa mengkoordinir berbagai bagian yang berbeda hingga menghadapi
kesulitan dalam mengembangkan team yang terpadu dikarenakan penyimpangan
pclaksanaan perintah untuk masing-masing individu. Untuk mengatasi kesulitan
yang mungkin timbul, maka manajer proyek biasanya diberi wewenang khusus yang
penting, misalnya: dalam menentukan gaji, mempromosikan atau melakukan
perlakuan personalia
6. Organisasi
Komite
Organisasi
komite adalah bentuk organisasi di mana tugas kepemimpinan dan
tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok pejabat, yang
berupa komite atau dewan atau board dengan pluralistic manajemen
Organisasi komite
terdiri dari :
1. Executive
Committe (Pimpinan komite)
yaitu
para anggotanya mempunayi wewenang lini
2. Staff
Committee
yaitu
orang-orang yang hanya mempunyai wewenang staf
Keuntungan dari
struktur organisasi ini adalah :
1) Pelaksanaan
decision making berlangsung baik karena terjadi musyawarah dengan pemegang
saham maupun dewan
2) Kepemimpinan
yang bersifat otokratis sangat kecil
3) Dengan
adanya tour of duty maka pengembangan karier terjamin
Keburukan dari struktur
organisasi ini adalah :
1) Proses
decesion making sangat lamban
2) Biaya
operasional rutin sangat tinggi
3) Kalau
ada masalah sering kali terjadi penghindaran siapa yang bertanggung jawab
Gambar struktur organisasi
komite :
Komentar
Posting Komentar